Sabtu, 21 Februari 2015

Apa itu 3G ? 4G ?

                                                                 Apa itu 3G? 4G? 
                                                                           


       Saat ini kian banyak telepon seluler (handphone) atau gadget elektronik lain yang sudah didukung 3G. Banyak sekali fasilitas dan layanan yang dimiliki handphone dengan fitur 3G. Namun, tidak sedikit orang yang sudah ber-handphone 3G dan menggunakan fitur 3G tapi tidak mengerti definisinya dan saya termasuk dari orang tersebut :v . Apakah sebenarnya yang disebut 3G? 

       Secara sederhana, 3G merupakan jaringan broadband untuk handphone atau mobile device lainnya yang menawarkan suara, gambar statis dan bergerak, email, akses internet cepat, dan lain-lain dalam satu perangkat genggam. 3G merupakan kependekan dari Third Generation, yaitu istilah bersama untuk prosedur, standar, dan perangkat komunikasi baru yang memberikan peningkatan kecepatan dan kualitas layanan komunikasi bergerak. 3G muncul dengan sebuah perangkat yang memadukan fungsi handphone dengan Personal Digital Assistant (PDA) dan Personal Computer (PC).  
               
       Perangkat 3G secara umum mempunyai kemampuan transmisi yang besar, baik dalam kecepatan maupun kapasitas dari pendahulunya. Pada kenyataannya, pesawat 3G mampu mengirimkan data hingga 384 Kbps dalam keadaan bergerak atau 2 Mbps dalam keadaan berdiri diam. Artinya, ini jauh lebih cepat daripada kebanyakan koneksi broadband rumahan. sekarang udah mengerti sedikit tentang 3G ? baru saja kita mengerti tentang 3G ternyata sudah ada lagi Generasi selanjutnya yakni 4G..




       Jaringan 4G (4G network) adalah generasi keempat jaringan nirkabel untuk komunikasi mobile. Jaringan ini dimaksudkan sebagai solusi jaringan komunikasi yang komprehensif dan aman dengan kecepatan data yang jauh lebih cepat dari generasi sebelumnya. Standar baru seperti WiMax dan Long Term Evolution (LTE) telah disebut sebagai 4G, meskipun masih terdapat beberapa perdebatan tentang status mereka.
                   
Spesifikasi 4G
        Jaringan 4G secara spesifik diarahkan untuk menyediakan layanan berkualitas tinggi dan kecepatan transfer data yang tinggi pula. Jaringan ini ditujukan untuk memberikan kualitas penerimaan yang lebih baik, aliran transfer data lebih stabil, serta pertukaran informasi lebih cepat.
                     
        International Telecommunication Union (ITU) atau organisasi yang mengawasi standar untuk jaringan nirkabel menyatakan bahwa kemajuan signifikan untuk layanan pesan multimedia, termasuk layanan video, merupakan suatu hal yang harus segera dicapai.
4G mampu memberikan kecepatan transfer data minimal 100 megabit per detik saat pengguna bergerak pada kecepatan tinggi (seperti ketika sedang berada di kereta api), serta sebesar satu gigabit per detik dalam posisi diam. 



 Mungkin perbedaan antara 3G dan 4G ada pada gmbar tersebut XD + sedikit informasi lain pada Generasi2 sebelumnya : 





Sumber : 
http://www.amazine.co/25404/apa-itu-4g-network-cara-kerja-teknologi-jaringan-4g/

http://bacabacibacu.blogspot.com/2012/11/apa-itu-3g-saat-ini-kian-banyak-telepon.html 




 

2 komentar:

  1. Apa pengaruh 4G sangat besar untuk dunia telekomunikasi ? O3O

    BalasHapus
  2. tentu saja, karena dapat mempercepat arus informasi yang kita butuhkan lebih cepat, bahkan skrg di korea sudah di kembangkan generasi ke 5 (5G) yang dapat mendownload 30 movie hanya dalam 1 detik.

    BalasHapus